Maraknya tools berbasis artificial intelligence membuat sebagian orang merasa terancam kehilangan pekerjaannya. Hal ini bisa dimaklumi jika melihat kapabilitas yang ditunjukkan AI dewasa ini. Namun pada kenyataannya, hampir semua pengembang tools AI merancang produknya untuk membantu manusia dalam bekerja ketimbang menggantikan peran manusia sepenuhnya.

Di bidang produksi video dan audio misalnya, saat ini ada banyak tools AI menarik yang bisa dipakai untuk mempermudah pekerjaan. Mulai dari menyunting video sampai pembuatan video B-Roll maupun musik latar, tugas-tugas ini sekarang bisa lebih mudah dilakukan dengan melibatkan AI.

Di artikel ini, saya telah merangkum 10 tools AI yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan di bidang produksi video dan audio. Sebagian besar memang merupakan tools berbayar, tapi ada juga beberapa yang menyediakan program free trial, maupun yang gratis sepenuhnya dengan sejumlah batasan.

Pictory

Tools AI video audio Pictory

Pictory merupakan tools AI video dengan fitur yang cukup lengkap. Salah satu yang paling diunggulkan adalah fitur Script to Video, yang memungkinkan pengguna untuk menyulap naskah menjadi sebuah video dengan cepat. Cara kerjanya cukup sederhana: pengguna hanya perlu mengunggah naskah videonya, maka AI akan mencari sekumpulan gambar dan video royalty-free untuk dikemas menjadi video yang sesuai. Sangat praktis untuk keperluan membuat B-roll.

Secara keseluruhan, Pictory memiliki tampilan antarmuka yang tergolong mudah dinavigasikan. Tools ini cocok untuk pengguna yang baru belajar membuat video ataupun yang sudah mahir sekali pun. Pictory mematok tarif mulai $19 per bulan, namun mereka juga menawarkan program free trial buat yang tertarik mencoba lebih dulu.

Synthesia

Tools AI video audio Synthesia

Synthesia merupakan tools untuk menciptakan video dengan subjek berupa avatar AI. Pengguna bisa memilih lebih dari 125 model avatar dari berbagai latar belakang, serta lebih dari 120 bahasa dan aksen yang didukung.

Usai memilih, pengguna bisa langsung mengetikkan naskah videonya, maka avatar AI tersebut akan langsung membacakannya secara real-time. Sangat cocok untuk membuat video penjelasan, terutama bagi yang sering gugup di depan kamera.

Dengan user interface yang simpel dan tarif bulanan mulai $30, Synthesia bisa menjadi tools yang sangat reliabel untuk keperluan membuat video. Saat berkunjung ke website-nya, Anda juga punya kesempatan untuk langsung mendemonstrasikan fitur-fitur yang Synthesia tawarkan.

Runway

Tools AI video audio Runway

Runway menawarkan lebih dari 30 tools AI untuk segala hal yang berkaitan dengan pembuatan dan penyuntingan video. Dengan Runway, pengguna bisa menghapus objek yang tak diinginkan dari suatu adegan video, menghapus latar belakang dan menggantinya dengan yang baru, atau menciptakan adegan slow-motion dari video apapun. Semua prosesnya berlangsung cepat dan luar biasa simpel berkat sistem AI-nya yang canggih.

Saat ini, Runway bahkan sedang bereksperimen dengan fitur untuk menciptakan video dari nol dengan mengacu pada deskripsi teks saja. Cara kerjanya mirip DALL-E atau Stable Diffusion, tapi output-nya adalah video ketimbang gambar.

Dari segi harga, Runway tergolong cukup kompetitif, dengan tarif mulai $15 per bulan, lengkap bersama program uji coba gratis.

Descript

Tools AI video audio Descript

Descript merupakan tools edit video yang cukup unik, dengan pengalaman yang lebih mirip menggunakan Microsoft PowerPoint ketimbang Adobe Premiere. Menggunakan Descript, Anda bisa mengedit video sesimpel mengedit suatu dokumen teks, kira-kira begitulah gambaran sederhananya.

Salah satu fitur paling inovatif yang Descript tawarkan adalah Overdub. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengoreksi rekaman voiceover yang dibuat hanya dengan mengedit transkripnya. Jadi misalnya ada satu atau dua kata yang lupa disebutkan, Anda tinggal menyelipkan kata-katanya ke transkrip, dan AI akan otomatis menambahkan audionya dengan suara yang disesuaikan. Tidak perlu rekaman ulang!

Lebih istimewa lagi, Overdub ini dapat digunakan secara cuma-cuma, meski memang ada batasan penggunaannya. Kabar baiknya, tarif yang Descript patok cukup bersahabat, mulai dari angka $15 per bulan.

FlexClip

FlexClip

Canva untuk video, mungkin itulah cara termudah mendeskripsikan FlexClip. Ini merupakan tools edit video yang bisa digunakan oleh pengguna dari level penguasaan apa pun. Dengan memanfaatkan ribuan template yang tersedia, pengguna bisa langsung mulai mengedit video dengan tampilan yang profesional.

FlexClip memiliki paket gratisan dengan sejumlah batasan, akan tetapi versi berbayarnya pun tergolong terjangkau, dengan tarif mulai $10 saja per bulannya.

InVideo

InVideo

Sama seperti FlexClip, InVideo juga menawarkan ribuan template untuk membantu Anda membuat video yang sangat variatif. Yang cukup berbeda adalah, InVideo menyediakan akses ke jutaan stock footage dan stock photo dari sejumlah layanan, dan ia juga tersedia sebagai aplikasi Android maupun iOS.

Andai benar-benar sedang terburu-buru, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur Text-to-Video berbasis AI yang ditawarkan InVideo. Soal harga, InVideo menetapkan tarif mulai $30 per bulan, akan tetapi pengguna juga dipersilakan menjajalnya dulu secara cuma-cuma.

Steve.ai

Steve.ai

Tertarik membuat video animasi tapi merasa tidak punya bakat menggambar sama sekali? Steve.ai bisa menjadi solusinya. Tools AI ini memungkinkan Anda untuk membuat video animasi hanya dengan bermodalkan naskah teks saja. Proses yang tadinya bisa memakan waktu berhari-hari dapat diselesaikan dalam hitungan menit saja oleh Steve.ai.

Steve.ai dikembangkan oleh Animaker, perusahaan yang sudah sangat berpengalaman di bidang software animasi. Tarif berlangganannya dipatok mulai $20 per bulan, akan tetapi ada pula versi gratisan buat yang tidak keberatan dengan keberadaan watermark pada videonya.

Animaker Voice

Animaker Voice

Selain Steve.ai, Animaker juga menawarkan banyak tools yang menarik. Namun satu yang paling mencuri perhatian adalah Animaker Voice, yakni tools AI untuk menciptakan voiceover dari 50 bahasa yang berbeda. Terdapat lebih dari 200 variasi suara yang terdengar natural, dan yang istimewa, semuanya dapat diakses secara cuma-cuma.

Ya, Animaker Voice memiliki versi gratisan dengan fitur yang komplet dan kuota 5 kali download per bulan. Kalau butuh lebih, versi berbayarnya dapat ditebus seharga $35 per bulan.

MatchTune Studio

MatchTune Studio

Video yang bagus hampir selalu ditemani oleh alunan musik yang pas. Problemnya, mencari musik yang pas bukan tugas mudah, dan di sinilah tools AI MatchTune Studio mencoba membantu.

Cara kerja tools ini terkesan begitu simpel: unggah video yang Anda buat, maka AI akan mencarikan musik yang pas sesuai dengan ritme, mood maupun konten videonya. Prosesnya jauh lebih cepat daripada Anda harus mencari musik secara manual.

MatchTune Studio ditawarkan dengan harga $10 per bulan. Anda bisa mencoba terlebih dulu versi gratisannya dengan watermark pada file audionya.

Soundraw

Soundraw

Alternatif dari mencari musik adalah membuatnya sendiri, dan lagi-lagi AI pun siap membantu. Soundraw adalah tools AI pembuat musik yang sangat simpel penggunaannya. Pengguna cukup memilih mood yang diinginkan, genre, tempo beserta durasinya, maka AI akan membuatkan lagu orisinal yang siap disematkan menjadi musik latar sebuah video.

Semua musik yang diciptakan dengan Soundraw bersifat royalty-free, dan Anda tidak akan tersandung masalah apa pun kecuali Anda mencoba mendistribusikan lagu bikinan AI-nya ke platform streaming macam Spotify.

Soundraw dapat dicoba secara gratis, dan versi berbayarnya dibanderol seharga $20 per bulan.

Gambar header: Freepik.

AI Untuk Video Audio, Ini Daftarnya (hybrid.co.id)